Minggu, 18 November 2012

TUGAS 1 PENDUDUK,MASYARAKAT,DAN KEBUDAYAAN

TUGAS 1.PENDUDUK, MASYARAKAT, DAN KEBUDAYAAN

A.Latar Belakang,Maksud,dan Tujuan

Penduduk,masyarakat,dan kebudayaan itu semua adalah suatu konsep-konsep yang saling berhubungan antara satu dengan yang lainnya.kenapa kok saling berhubungan,karena suatu penduduk itu bertempat tinggal didalam suatu wilayah yang mana ditempat itu dalam waktu yang tertentu juga dalam waktu yang tertentu pula .dan berkemungkinan akan terbentuknya suatu masyarakat di wilayah tersebut.

Demikian pula hubungan antara masyarakat dengan kebudayaan, ini adalah hubungan dwi tunggal, yang merupakan kebudayaan adalah hasil dari masyarakat. Kebudayaan bisa terlahir, tumbuh, dan berkembang dalam suatu masyarakat, sebaliknya tidak ada suatu masyarakat yang tidak didukung oleh kebudayaan. Jadi, hubungan antara masyarakat dan kebudayaan merupakan hubungan yang saling menentukan.

Penduduk adalah orang-orang yang mendiami suatu wilayah tertentu, menetap dalam suatu wilayah, tumbuh dan berkembang dalam wilayah tertentu pula.

Masyarakat adalah suatu kehidupan sosial manusia yang menempati wilayah tertentu, yang keteraturannya dalam kehidupan sosialnya telah dimungkinkan karena memiliki pranata sosial yang telah menjadi tradisi dan mengatur kehidupannya. Hal yang terpenting dalam masyarakat adalah pranata sosial, tanpa pranata sosial kehidupan bersama didalam masyarakat tidak mungkin dilakukan secara teratur. Pranata sosial adalah perangkat peraturan yang mengatur peranan serta hubungan antar anggota masyarakat, baik secara perseorangan maupun secara kelompok.

Kebudayaan adalah hasil budi daya manusia, ada yang mendefinisikan sebagai semua hasil karya, rasa, dan cipta masyarakat. Karya manusia menghasilkan teknologi dan kebudayaan kebendaan, sedangkan rasa mewujudkan segala norma dan nilai untuk mengatur kehidupan dan cipta merupakan kemampuan berpikir dan kemampuan mental yang menghasilkan filsafat dan ilmu pengetahuan.

B.Aspek-aspek masalah dalam penduduk,masyarakat,dan kebudayaan

Pada zaman modern seperti sekarang ini berbagai aspek kehidupan mendorong cepatnya pertumbuhan penduduk di suatu daerah terutama di daerah perkotaan.berbagai aspek mempengaruhi cepatnya pertumbuhan penduduk di perkotaan antara lain adalah aspek ekonomi,aspek social, aspek politik, dan masih banyak lagi.

Seperti yang sudah sering kita temui , yaitu aspek ekonomi yang merupakan sangatlah berpengaruh sekali dalam aspek ini , yaitu pada pertumbuhan penduduk khususnya yaitu di daerah perkotaan.hal ini sudah terbukti yaitu dengan banyaknya orang rantauan dari perdesaan ke perkotaan .Tentunya mereka semua berharap taraf hidup mereka akan menjadi lebih baik lagi daripada kehidupan mereka pada saat di kampung , mereka berfikir di kota pasti akan mendapatkan pekerjaan yang lebih baik dan lebih menjanjikan ketimbang mereka di desa . Akan tetapi tidak sedikit pula dari saluah satu mereka yang gagal karena adanya pendidikan mereka yang rendah, serta tidak adanya keahlian mereka untuk bersaing dalam penduduk kota yang lebih kompetitive serta lebih tinggi pendidikannya .

Satu hal lagi yang menyebabkan para penduduk desa mengadu nasib ke Ibukota yaitu berubahnya dan mulainya jati diri bangsa Indonesia yang sesungguhnya , karena kebudayaan timur Indonesia yang terpengaruhi oleh budaya barat yang sangat keras . tentu saja hal ini sangatlah berpengaruh pada pertumbuhan penduduk di Indonesia , dengan berubahnya kebudayaan tersebut penduduk desa yang biasanya hanya berprofesi petani,peternak,dan sebagainya.Nekat pergi ke Jakarta tanpa modal pendidikan dan keahlian yang dibutuhkan di daerah perkotaan .Perubahan kebudayaan itu juga berpengaruh terhadap generasi-generasi muda penerus bangsa Indonesia .Dan juga pertumbuhan penduduk yang ada di perkotaan juga menjadi padat.Sehingga berpengaruh dalam aspek social,yaitu contohnya :

1. Faktor Ekonomi : Kemiskinan, pengangguran, dll.
2. Faktor Budaya : Perceraian, kenakalan remaja, dll.
3. Faktor Biologis : Penyakit menular, keracunan makanan, dsb.
4. Faktor Psikologis : penyakit syaraf, aliran sesat, dsb.

Masalah dalam aspek sosial muncul akibat terjadinya perbedaan yang mencolok antara nilai dalam masyarakat dengan realita yang ada. Yang dapat menjadi sumber masalah sosial yaitu seperti proses sosial dan bencana alam.Adanya masalah sosial dalam masyarakat ditetapkan oleh lembaga yang memiliki kewenangan khusus seperti tokoh masyarakat, pemerintah, organisasi sosial, musyawarah masyarakat, dan lain sebagainya.

ini beberapa hal hal yang sangat berkaitan dengan kependudukan




Banyaknya aspek yang mempengaruhi pertumbuhan penduduk Indonesia membuat suku-suku di Indonesia dapat hidup berdampingan di masyarakat, walaupun akhir-akhir ini banyak konflik yang terjadi di masyarakat, saya berharap berubahnya kebudayaan Indonesia dapat membawa dampak positif terhadap pertumbuhan penduduk di Indonesia, karena selama ini yang menonjol dari pergeseran buday ini hanyalah dampak negatifnya saja, tapi kita juga sebagai bangsa Indonesia tidak boleh kehilangan budaya kita, Karena seperti kita ketahui negeri ini penuh dengan kebudayaan-kebudayaan yang menarik dan juga berbeda dari kebudayaan-kebudayaan Negara lain.Kita wajib menjaga dan melestarikan kebudayaan Indonesia ini yang beranekaragam dan bisa maju terus.


SUMBER: H.Hartono,arnicun aziz,ilmu sosial dasar,jakarta:bumi aksara,2004.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar