Minggu, 18 November 2012

TUGAS 2 PEMUDA DAN SOSIALISASI

TUGAS 2.Pemuda dan Sosialisasi


A.Latar belakang

A.Pemuda

Pemuda adalah sekelompok manusia yang masih membutuhkan bimbingan/pembinaan dan pengembangan kearah yang lebih baik,agar bisa melanjutkan generasi generasi yang unggul,khususnya untuk pemuda Bangsa Indonesia . Proses kehidupan yang dialami oleh para pemuda Indonesia tiap hari baik di lingkungan keluarga, sekolah, maupun masyarakat membawa pengaruh yang besar pula dalam membina sikap untuk dapat hidup di masyarakat. Proses demikian itu bisa disebut dengan istilah sosialisasi, proses sosialisasi itu berlangsung sejak anak ada di dunia dan terus akan berproses hingga mencapai titik keberhasilannya.

B. Sosialisasi
Sosialisasi adalah proses yang membantu individu melalui media pembelajaran dan penyesuaian diri, bagaimana bertindak dan berpikir agar ia dapat berperan dan berfungsi, baik sebagai individu maupun sebagai anggota masyarakat. Ada beberapa hal yang perlu kita ketahui dalam sosialisasi, antara lain: Media Sosialisasi dan Tujuan Sosialisasi.

> Media Sosialisasi
• Orang tua dan keluarga
• Sekolah
• Masyarakat
• Teman bermain
• Media Massa.



> Tujuan Pokok Sosialisasi
• Individu harus diberi ilmu pengetahuan (keterampilan) yang dibutuhkan bagi kehidupan kelak di masyarakat.
• Individu harus mampu berkomunikasi secara efektif dan mengembangkan kemampuannya.
diri yang tepat.
• Bertingkah laku secara selaras dengan norma atau tata nilai dan kepercayaan pokok ada pada lembaga atau kelompok khususnya dan pada masyarakat umum.

B.Permasalahan yang dihadapi pemuda saat ini


>Pergaulan bebas

Jaman sekarang sudah modern,pergaulan bebas dimana mana,karena kurang adanya interaksi antar orang tua dg anaknya,dan juga kurang adanya sosialisasi antara anak dengan masyarakat ataupun sebaliknya

>Pengaruh narkoba

Narkoba merupakan salah satu permasalahan remaja yang cukup serius. Tidak sedikit remaja yang terjerumus oleh narkoba. Alasannya karena diajak teman ataupun hanya sekedar coba-coba, dan akhirnya malah terjerumus. Bukan hal yang mudah untuk lepas dari pengaruh narkoba. Biasanya pecandu harus mejalani masa rehabilitasi yang cukup lama untuk terbebas dari narkoba.Banyak dampak yang diakibatkan oleh narkoba, baik fisik maupun psikis.

>Anak putus sekolah


Putus sekolah merupakan salah satu permasalahanremaja yang tak pernah berakhir. Masalah ini telah berakar dan sulit untuk dipecahkan, tidak hanya karena kondisi ekonomi, tetapi ada juga yang disebabkan oleh kekacauan dalam keluarga, dan lain-lain.

Salah satu penyebab yang paling populer adalah dikarenakan kondisi ekonomi yang menimpa keluarganya. Salah satu solusi yang baik adalah pemerintah membangun Sekolah Rakyat (SR) yang disediakan secara cuma-cuma bagi warga kurang mampu. Di Sekolah Rakyat itu juga harus tersedia fasilitas yang baik dan tenaga guru yang mempunyai SDM baik, sehingga anak-anak yang nantinya akan bersekolah disana akan terjamin kualitasnya. Selain itu, diharapkan juga orang tua di rumah, memberikan pengawasan yang ketat terhadap si anak. Karena dengan pengawasan yang ketat dalam hal yang positif seperti itu akan memberikan sebuah proteksi atau perlindungan tehadap anak.



>Pengaruh rokok

Dampak negatif yang ditimbulkan merokok bagi para remaja :

- Mudahnya terkena penyakit pernapasan karena sejak dini sudah menjadi perokok

- Menjadi kecanduan karena rokok mengandung bahan yang bersifat canda dan sulit dilepaskan dalam keadaan apapun

-Harga rokok yang mahal akan memberatkan seseorang yang tergolong miskin sehingga uang yang Seharusnya digunakan untuk keprluan sehari-hari malah digunakan untuk membeli rokok.

Sebenarnya sangat sulit untuk menghilangkan kebiasaan merokok pada diri seorang remaja.Sebagai solusi,bagi remaja yng belum merokok ada baiknya supaya menghindarinya dari lingkungan merokok.dan bagi remaja yang sudah terlanjur merokok alangkah baiknya supaya mengurangi kebiasaan tersebut,dan alangkah baiknya kebiasaan tersebut bisa hilang. Orang tua juga diharapkan bisa menjadi contoh yang baik kpada anak anaknya dengan tidak mrokok didepan mereka




SUMBER : H.Hartono,arnicun aziz,ilmu sosial dasar,jakarta:bumi aksara,2004.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar